TEMPAT MENARIK

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong UluKota SamarindaKalimantan TimurIndonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini memiliki sebanyak 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun iman. Pembangunan Islamic Center diharapkan dapat pula membangkitkan semangat kebersamaan dalam upaya menghadapi era global, selain merupakan tuntutan masyarakat untuk Samarinda memiliki sebuah sarana tempat ibadah yang memadai.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kebun Raya Unmul Samarinda (Krus)

Kebun raya UNMUL samarinda atau di kenal KRUS ini luasnya 300 ha. Awalnya adlah hutan pendidikan Unmul sekitar 62 ha di peruntukan sebagai kawasan wisata dan rekreasi. Terletak sekitar 5.5 km dari terminal lempake, menuju kearah bontang.sarana rekreasi yang disediakan diantaranya danau,kolam pancingan,sepeda air dan perahu,penangkaran satwa (burung hutan hujan tropis, buaya, orang utan dll ) Gezebo, jogging track.

Makam Lamohang Daeng Mangkona

Merupakan makam dari tokoh pendiri samarinda, beliau wafat dan di makamkan pada thn 1705tepatnya di jalan mas penghulu kel. Masjid kecamatn smarinda seberang, 300 meter dari masjid tua shirathal mustaqiem.

Masjid Tua Shiratul Mustaqiem

Masjid ini berdiri pada tahun 1901 , dilengkapi menara berbentuk segi delapan setinggi 21 meter . dibangun atas bantuan saudagar mualaf belanda bernama Hendry dasen. Pernah mendapat penghargaan sebagai peringkat ke – 2 masjid tertua tingkat  nasional. Lokasi di jalan pangeran bendhara samarinda seberang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s